Kamis, 03 Januari 2008

Sejarah kembar siam

Sejarah Kembar Siam

KENDATI keduanya menunjukkan sikap optimis bisa melewati operasi pemisahan, kembar siam asal Republik Islam Iran, Laleh dan Ladan Bijani akhirnya meninggal dalam operasi di RS Raffles Singapura, Selasa (8/7).

Dalam rekaman sejarah, manusia yang ditakdirkan lahir sebagai kembar siam lebih dimunculkan dalam sosok mitos. Mereka dianggap sebagai dewa dan pada sisi ekstrem lain dipandang sebagai monster. Banyak di antara mereka yang bergabung dengan pertunjukan sirkus, menjadi tontonan di seluruh dunia. Di bawah ini, beberapa kembar siam paling terkenal dan sempat terekam dalam catatan sejarah.

945 SM

Pasangan kembar siam pertama yang tercatat lahir di Armenia. Kembar siam laki-laki itu bersatu pinggang hingga dada. Salah satu dari keduanya meninggal pada upaya pembedahan untuk memisahkan mereka. Kembar yang satunya menyusul tiga hari kemudian.

1100

Mary dan Eliza Chulkhurst dianggap sebagai kembar siam awal paling terkenal yang sempat terdokumentasikan. Keduanya kemudian terkenal dengan nama the Biddenden Maids dari Biddenden Kent, Inggris. Catatan yang ada menggambarkan keduanya menyatu dari paha hingga bahu. Namun, laporan lainnya menyatakan mereka adalah kembar pygopagus (menyatu pada bokong). Keduanya hidup selama 34 tahun. Saat kembar pertama mati, yang lainnya menyusul beberapa jam kemudian dan sempat berkata, "kami hadir bersama dan akan pergi bersama pula".

1689

Dokter bedah asal Jerman, G. Konig melakukan operasi pemisahan kembar siam pertama yang berhasil.

1811

Kemunculan nama "kembar siam" agaknya bermula dari keberadaan saudara kembar Eng dan Chang Bunker yang memang lahir di Siam (sekarang Thailand). Mereka disatukan pada pinggang oleh sebuah "tabung" dengan panjang 3,25 inchi dan diameter 1,5 inchi. Saat muda mereka dihabiskan untuk menolong sang ibu dan setelah dewasa menjadi anggota pertunjukan hingga dijuluki "Laki-Kali Ganda dari Siam". Keduanya menikahi kakak beradik Sallie dan Adelaide Yates, dan menjadi ayah bagi 21 anak. Pada 1874, Chang terbangun dan menyadari Eng telah meninggal. Beberapa jam kemudian, ia menyusul.

1851

Millie dan Christine McCoy adalah kembar siam yang lahir dari keluarga budak di North Carolina. Mereka terpisah dari keluarga dan dijual beberapa kali. Pemilih terakhir mempertemukan mereka dengan keluarga. Keduanya terkenal dengan julukan "Nyonya Dua Kepala" atau "Two-Headed Nightingale". Keduanya disebut-sebut fasih lima bahasa dan berkeliling dunia sebagai pianis, penyanyi, dan penari. Tahun 1912, pada ulang tahun ke-61, Millie meninggal karena TBC. Christine menyusul esoknya.

1908

Daisy dan Violet Hilton menyatu pada pinggul. Setelah sempat menjadi budak yang dipaksa mempertontonkan "keanehan" mereka, keduanya berhasil meniti karier dalam bidang show bussine. Mereka bermain di panggung Broadway dan membintangi dua film "Freaks" (1932) and "Chained for Life" (1951). Mereka meninggal pada 1969.

1949

Los Angeles adalah tempat kelahiran kembar siam Yvonne dan Yvette MacArthur yang menyatu di kepala. Otak mereka terpisah namun harus berbagi sistem sirkulasi darah. Kendala keuangan karena tagihan pengobatan membuat ibu mereka membawanya ke pertunjukan sirkus bertahun-tahun. Mereka tumbuh dan menjadi penyanyi rohani yang berhasil. Pada usia 38 tahun keduanya mendaftar di sekolah perawat. Keduanya keduanya meninggal tahun 1933, beberapa bulan setelah kelulusan.(Erkus/Twinstuff/Zygote)***

Sumber; http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/0703/10/cakrawala/kilas_iptek.htm

Tidak ada komentar: